Judul: Some Problems in the Effort of Promoting Innovations
of Teaching Learning Practice: Reflection of Peer Teaching activities of
Teachers’ Certification
By Marsigit, Yogyakarta
Banyak permasalahan dalam proses belajar mengajar
yang sedang dihadapi saat ini, salah satunya adalah bagaimana mengubah pola
belajar mengajar dari pembelajaran yang terpusat pada guru menjadi pembelajaran
yang terpusat pada murid. Hal ini sangat perlu, karena murid akan menjadi lebih
aktif, kreatif, kompeten, mandiri, dan berani mengungkapkan gagasan- gagasan
yang mereka miliki. Namun, dalam pelaksanaan perubahan pola pembelajaran ini,
ternyata terdapat banyak kendala, antara lain metode yang seperti apa yang
harus diterapkan untuk melibatkan murid aktif dalam pembelajaran, bagaimana
menyikapi perbedaan karakter yang ada pada peserta didik, bagaimana
mengembangkan LKS, dll.
Dapat dikatakan bahwa, guru belum siap untuk
menerapkan pembelajaran secara student
centered. Indikasinya adalah mulai dari pertama mengajar, guru sudah
memperkenalkan serta menjelaskan materi yang seolah mendikte siswanya dan
menguasai kelas. Ketika dibentuk kelompok belajar pun, guru masih menerangkan
materi secara rinci di depan kelas. Ada baiknya saat guru menerapkan pembelajaran
berkelompok, guru tidak menjelaskan materi saat itu dan meminta murid untuk
berdiskusi dalam satu kelompok. Ketika ada masalah yang tidak dapat dipecahkan
dalam kelompok, guru berkeliling pada setiap kelompok dan mengajak siswa untuk
mencari solusi bersama.
Guru perlu membuat rencana belajar sebelum proses
pembelajaran berlangsung. Namun, karena kurangnya referensi membuat rencana
belajar kuran baik dan sederhana. Akirnya para guru menyadari bahwa pada
kenyataannya proses belajar mengajar yang baik itu susah diimplementasikan di
lapangan.
0 komentar :
Posting Komentar