Subscribe:

Pages

Sabtu, 23 Februari 2013

Sebuah Refleksi


Judul: Some Problems in the Effort of Promoting Innovations of Teaching Learning Practice: Reflection of Peer Teaching activities of Teachers’ Certification
By Marsigit, Yogyakarta

Banyak permasalahan dalam proses belajar mengajar yang sedang dihadapi saat ini, salah satunya adalah bagaimana mengubah pola belajar mengajar dari pembelajaran yang terpusat pada guru menjadi pembelajaran yang terpusat pada murid. Hal ini sangat perlu, karena murid akan menjadi lebih aktif, kreatif, kompeten, mandiri, dan berani mengungkapkan gagasan- gagasan yang mereka miliki. Namun, dalam pelaksanaan perubahan pola pembelajaran ini, ternyata terdapat banyak kendala, antara lain metode yang seperti apa yang harus diterapkan untuk melibatkan murid aktif dalam pembelajaran, bagaimana menyikapi perbedaan karakter yang ada pada peserta didik, bagaimana mengembangkan LKS, dll.

Dapat dikatakan bahwa, guru belum siap untuk menerapkan pembelajaran secara student centered. Indikasinya adalah mulai dari pertama mengajar, guru sudah memperkenalkan serta menjelaskan materi yang seolah mendikte siswanya dan menguasai kelas. Ketika dibentuk kelompok belajar pun, guru masih menerangkan materi secara rinci di depan kelas. Ada baiknya saat guru menerapkan pembelajaran berkelompok, guru tidak menjelaskan materi saat itu dan meminta murid untuk berdiskusi dalam satu kelompok. Ketika ada masalah yang tidak dapat dipecahkan dalam kelompok, guru berkeliling pada setiap kelompok dan mengajak siswa untuk mencari solusi bersama.

Guru perlu membuat rencana belajar sebelum proses pembelajaran berlangsung. Namun, karena kurangnya referensi membuat rencana belajar kuran baik dan sederhana. Akirnya para guru menyadari bahwa pada kenyataannya proses belajar mengajar yang baik itu susah diimplementasikan di lapangan.

0 komentar :

Posting Komentar